Monday, February 9, 2009

Geometri Sepeda

Sering kita mendengar tentang sepeda, baik itu di toko sepeda, majalah, atau obrolan2 pesepeda dimana2.. Emangnya geometri tuh apanya sih? Penting ya?

Penting banget, karena geometri itu yg membuat sepeda yang satu berbeda rasanya dengan yang lainnya meskipun menggunakan spek parts yg sama...

Untuk itu, mari kita mengenal apa itu Geometri dalam sepeda....

Image Hosted by ImageShack.us
By antonasik at 2009-02-09

OK, kita mulai....

TT= Top Tube Lenght
Adalah panjang toptube, biasanya makin besar ukuran frame, semakin panjang pula top tubenya, karena menyesuaikan dengan peruntukan sepeda dan jangkauan penggunanya..

HT= Head Tube
Pastikan steerer tube fork anda cukup panjang utk dimasukan kedalam HT ini...

ST= Seat Tube
Biasanya panjang seattube ini yg dijadikan patokan ukuran sebuah frame.. Biasanya 14", 15", 16", 17"..

CS= Chain Stay
Bagian ini berpengaruh pada kelincahan sepeda.. Semakin pendek maka sebuah sepeda akan semakin lincah digunakan dan mudah utk "wheelie", sedangkan semakin panjang maka sepeda akan semakin stabil. Biasanya chainstay sepeda DJ pendek antara 390-410mm, sedangkan sepeda XC semakin panjang supaya tidak mudah wheelie di tanjakan..

WB= Wheel Base
Sama seperti Chain Stay Lenght, bagian ini juga berpengaruh pada kestabilan sepeda. Makin panjang sebuah sepeda maka semakin stabil juga saat dipakai di kecepatan tinggi.. Biasanya ini juga dipengaruhi oleh ukuran framenya, semakin besar ukuran frame maka semakin panjang pula wheelbasenya..

BBH= Bottom Bracket Height
Semakin pendek BBH, maka semakin rendah titik gravitasi (center of gravity) sebuah sepeda dan ini akan berpengaruh kepada kestabilan sepeda juga akibatnya sebuah sepeda akan semakin mudah utk dipakai menikung di berm, namun semakin pendek BBH juga akan membuat sepeda semakin mudah mentok kalau bertemu batu/ kayu..

SOH= Stand Over Height
Semakin pendek SOH, maka semakin banyak clearance antara top tube dengan selangkangan anda..

HA= Head Angle
Semakin kecil derajatnya maka semakin rebah(slack) HA nya.. Ini akan berpengaruh kepada kestabilan sepeda anda, sedangkan semakin besar angkanya maka semakin tegak posisi forknya (steep) dan akan semakin lincah pula pengendalianya.. Biasaya frame2 DH yg rata2 digunakan di kecepatan tinggi akan menggunakan HA yg slack di 67-65 derajat.. sedangkan frame2 XC di angka 70-71 derajat..

SA= Seat angle
Biasanya sama dengan headangle... disesuaikan utk posisi riding anda...


Nah... kurang lebih sudah kebayang kan tentang geometri sepeda? Biasanya produsen2 sepeda ternama sudah mencantumkan daftar2 geometri dari sepeda mereka, jadi silahkan dicocokan dengan kebutuhan anda.. Tidak ada benar atau salah, yg penting cocok dengan riding style anda....

4 comments:

  1. salam kenal om anton mungkin bisa ditambahkan ukuran frame disesuaikan dengan tinggi badan rider/calon rider

    ReplyDelete
  2. Utk size sebenarnya bukan diukur berdasar tinggi badan, tapi panjang inseam (panjang kaki) idealnya ada jarak 1" dari toptube ke selangkangan...

    ReplyDelete
  3. salam kenal om anton...maaf nih saya newbie...klo dari geometry ada pengaruhnya ke travel gak? kalo gak tolong jelasin tentang travel satu sepeda dong....thanks b4

    ReplyDelete
  4. Ga ada om.. Perubahan geometry tidak mempengaruhi travel, sedangkan sebaliknya perbuahan travel akan mempengaruhi geometry sebuah sepeda

    ReplyDelete