Friday, November 20, 2009

Fork Suspensi part 1

Mungkin salah satu penemuan terbesar dalam sepeda gunung atau MTB adalah penggunaan fork suspensi.. Pada awal tahun 90an fork suspensi hanya bertravel 1½"-2" (38 to 50 mm) dan memberikan dampak yang sangat luar biasa pada masa itu, sekarang fork sudah bisa mencapai 8" (203mm) malah dulu sempat juga diproduksi yang sampai 10".

Beberapa yang perlu diperhatikan mengenai fork

Travel
Travel adalah kemampuan fork untuk bergerak atau meredam. Biasanya disebut dengan satuan mm, berbeda dengan rear shock yang biasanya menggunakan inch dan sampai sekarang saya ga tau kenapa.

Travel tersebut disesuaikan dengan penggunaan fork itu sendiri
80-100mm biasanya untuk XC dan DJ karena memang tempat bermainnya relatif lebih halus.
100-150mm sering ditemui di trail bike atau all mountain
150-180mm bisa ditemui di sepeda FR
180-203mm dengan dual crown diaplikasikan untuk sepeda downhill

Rebound
Rebound kasarnya adalah tendangan balik fork dari posisi terkompres.. bayangkan fork tanpa rebound itu seperti pogo stick atau per biasa yang mana setelah ditekan dia akan kembali lagi dengan sangat cepat, kalau begini suspensi bukannya meredam malah bikin celaka..

Preload
Preload merupakan istilah yang mungkin paling sering ditemui di fork suspensi, preload adalah kekerasan per yang ada dalam fork, dan kalau di fork air adalah kerasnya tekanan udara yang ada didalamnya..

Thru axle
Thru axle menggunakan as yang dimasukan kedalam lubang di slider fork, berbeda dengan sistem quick release yang dimasukan dari bawah. Thru Axle saat ini tersedia di 15mm, dan 20mm..

To Be Continue...

No comments:

Post a Comment